Selasa, 18 Januari 2011

English is Easy as spelling M O N K E Y

Belajar B. Inggris susah ?
Speaking ?
writing ?
reading ?
ato 3 3 nya ?
Emang bener, susah itu kata orang yang ga mau belajar, ga mau disini bukan berarti ga punya kemauan, tapi ga ada niat. Itu dia, semua dari niat, dan kalo niat udah kuat pasti bisa kok ngelakuin apa aja dengan hati gembira, haha.
Trus masalah tenses ( past tense, present tense, etc. ), bagian yang satu ini ga usa terlalu dipikirin deh, nguasain tenses mah Cuma berguna pas ngerjain ujian akhir aja, ato pas ulangan, ato UTS, selebihnya ga terlalu digunain.
lalu alasan yang lain pun, sulit itu karena kebiasaan, yaitu kebiasaan kita apabila mendengar kata dalam bhs inggris, otomatis langsung kita translatekan ke bhs Indonesia kan ? menurut gw itu salah, walau tidak sepenuhnya . kenapa ?
sederhana saja, kita waktu belajar bahasa Indonesia saat kecil, ketika mendengar kata meja, maka kita mengartikannya sebagai meja, tidak di translate sebagai table kan ?
begitu juga bahasa inggris, ketika kita mendengar table,  jangan artikan sebagai meja, table itu table, meja itu meja, ubah kebiasaan, ubah paradigma itu, maka belajar bahasa inggris akan lebih mudah.
Emang sih Menurut gw belajar bahasa inggris itu emang susah, tapi ada tahap tahapnya kok, yang bila kita mengikuti tahap tahap itu, dan tiap tiap tahap kita pahami dengan benar, maka untuk bisa setidaknya mengerti saja pun kita pasti bisa.
 tahap tahap itu dibagi menjadi 3 :
1.    Tahap dasar
Disini kita baru belajar bagaimana penguasaan vocabulary, sudah berapa banyak vocab yang kita kuasai, paling tidak minimal seperempat general vocabulary ( vocab yang sering digunakan ) dari kamus bahasa inggris harus kita kuasai.
2.    Tahap menengah
Learning by practicing, setelah banyak vocab yang kita kuasai, kalo ga kita gunakan untuk bercakap cakap lalu buat apa ? Cuma sekedar numpang nempel di otak doang ? maka kita perlu untuk belajar merangkai vocab2 tersebut menjadi sebuah kalimat, sederhana saja, kalimat percakapan sehari hari,
Bingung  merangkainya ?
Tulis saja apa yang ada di pikiran kalian, misalnya di FB, bikin status, kalo salah juga biarin aja, toh ga ada yang ngelarang. Kalo emang ada yang tau nanti juga di koreksi.
Setelah dituliskan, coba pronounciation nya, cara pengucapannya, bila tidak mengerti baca kamus, sering2 aja nonton film barat, perhatiin bener cara mengucapkannya, lalu hapalkan, mau satu kata ato langsung satu kalimat juga boleh.
3.    Tahap terakhir
Setelah penguasaan vocab yang bertambah banyak, pronounciation yang fasih, maka biasakan berpikir sesuatu itu menggunakan bahasa inggris, kalo gw sih seringnya pas sms cewe gw, kebanyakan pake bahasa inggris, yah sekalian belajar juga. Jadi kalo kita emang udah mahir, kita pasti menemukan beberapa kalimat yang memang benar hanya dalam bahasa inggris saja, bila diucapkan dalam bahasa Indonesia maka akan terdengar aneh.  

Mungkin kata kata gw ini sok tau, sok pinter, biarin deh, Cuma sekedar berbagi ilmu dan hasil observasi aja, kalo berguna ( walaupun dikit ) ya syukur berarti gw udah sedikit beramal, kalo ga berguna juga ya gpp, anggep aja ini Cuma cerita pengantar tidur, ato nemenin begadang. Hehe

Adios.
@kosan 160111
Tadi belom mandi, sekarang udah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar