Minggu, 12 Desember 2010

menulis ?

saya ingin menulis..
saya ingin jadi penulis..
walau saya sangat belum memiliki kompeten apapun dalam menulis..
sebab di salah satu training jurnalistik yang saya ikuti pernah memberi tips sederhana agar kita bisa menulis, yaitu:
1. bisa menulis 
2. punya motivasi yang kuat
ya, hanya itu saja sebenarnya syarat agar kita bisa menulis. Sebenarnya dengan membuat posting ini pun saya sudah bisa di kategorikan membuat suatu tulisan, tapi yang perlu di garisbawahi disini adalah, apakah tulisan saya bermanfaat ? apakah tulisan saya dibaca dan memiliki pengaruh terhadap pembacanya ?
Parameter sukses atau tidaknya suatu tulisan adalah ketika tulisan yang kita buat itu memuat konten yang apapun isinya, bisa bermanfaat bagi pembacanya, tentu dengan syarat kita memiliki kompetensi yang layak sesuai dengan tema tulisan kita. Karena apabila hanya sekedar menulis saja tanpa tahu apa sebenarnya main goal dari tulisan kita, semuanya akan berakhir sia sia. Kita harus mengetahui dengan jelas tujuan dari tulisan kita itu ditujukan buat kalangan apa. Dengan mengetahuinya membuat kita bisa menentukan jenis bahasa yang kita gunakan. Contohnya, apabila tujuan tulisan kita itu untuk kalangan petani, tidak mungkin kita menggunakan bahasa - bahasa yang ilmiah, maka bahasa sederhanalah yang harus kita gunakan agar kaum petani tadi bisa mengerti apa maksud dari tulisan kita tersebut.
1. Bisa menulis
Kita di ajarkan menulis sejak kecil pastinya, dan dikembangkan pada saat kita bersekolah, dari mulai SD sampai kita kuliah, tentu syarat yang pertama ini tidak begitu menjadi masalah lagi bagi kebanyakan kita.
tentu menulis disini dengan artian telah menguasai pula tata bahasanya, penggunaan tanda baca dsb. Agar tulisan yang kita buat tidak sekedar bagus isinya saja, tapi juga dari segi peredaksiannya pun bagus.
2. Motivasi yang kuat
Inilah menurut saya syarat membuat tulisan yang harus menjadi fokus utama kita.
apa sih makna motivasi itu sendiri ?
mudah bukan, yaitu sesuatu dari semua aspek yang bisa mendorong kita secara kuat untuk melakukan semua yang kita inginkan.
bila dilihat dari segi makna mungkin mudah, tapi bagaimana bila kita melihat motivasi dari segi penerapannya ?
jawabannya bisa mudah bisa sulit ?
mengapa saya berkata demikian, karena sebenarnya motivasi itu sangatlah banyak di sekeliling kita, hanya saja mungkin dari diri kita sendirilah yang tidak menyadarinya.
banyak diluar sana kisah - kisah sukses orang - orang besar yang pasti salah satunya pernah kita ketahui, itu bisa menjadi salah satu motivasi, kalau mereka bisa kenapa kita nggak gitu loh ? tentu berkata seperti itu saja mudah, tapi harus mulai dari mana ? lalu bagaimana kita bisa mengetahui potensi dalam diri kita agar kita pun bisa menemukan motivasi yang sesuai ? inilah pertanyaan yang menurut saya harus dijawab dulu sebelum kita memulai untuk melakukan sesuatu, begitu juga dalam menulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar