Sabtu, 25 Desember 2010

Kalah Terhormat

Indonesia menunjukkan kualitasnya sebagai tim yang amat patut diperhitungkan setelah memenangkan pertandingan melawan dengan skor 2-1 melawan Malaysia, pada final Piala AFF leg ke 2 yang dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno.Namun dikarenakan kalah dengan skor 3-0 pada Final Leg ke 1, Malaysia-lah yang keluar menjadi juara karena menang dengan agregat 4-2.
Indonesia memang kalah, tapi kalah dengan terhormat. Semangat yang menggebu dari pemain Timnas, diperlihatkan dengan perjuangan yang tanpa henti dan serangan yang bertubi- tubi sampai menit terakhir pertandingan. Walaupun kita sempat kecolongan gol terlebih dahulu, tapi semua itu dibalas kemudian oleh para pemain Timnas kita seperti tidak mau mengecewakan pada suporter yang hadir memenuhi Stadion Gelora Bung Karno. Semangat ini juga bukan hanya dirasakan oleh para pemain dan officialnya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia pun merasakannya, dan kita juga telah menunjukkan apa yang disebut fair play. Dimana seperti yang kita ketahui, ke tidak-fairplay-an ini ditunjukkan oleh para supporter Malaysia dengan menembakkan sinar laser ke arah pemain indonesia khususnya kiper Timnas, Markus Harris Maulana. Tapi itu tidak dilakukan oleh para supporter kita dan Timnas pun membayar dukungan masyarakat dengan memberikan kemenangan.
Kalah bukan berarti berhenti berjuang, masih banyak harapan - harapan di masa mendatang yang harus kita raih. Permasalahan yang cukup banyak mewarnai sejak awal bergulirnya Piala AFF ini, dari mulai gugatan Lambang Garuda di baju Timnas, dugaan manuver politik, sampai kekisruhan dalam penjualan tiket, harus kita jadikan pengalaman berharga, dan jangan sampai terulang lagi di masa mendatang. Lebih baik kita mengintrospeksi diri sendiri. Biarlah mereka - mereka yang mempunyai niat lain dibelakang semua ini tertawa, melihat kita mengkritik, mencaci. Tapi semua kritikan dan cacian itu sebenarnya memiliki tujuan yang baik, yaitu agar semua sistem yang ada bisa berjalan dengan baik, dan Garuda kita pun bisa benar benar mengepakkan sayapnya di udara tanpa ada hambatan apapun.
Bravo Timnas









Tidak ada komentar:

Posting Komentar