Senin, 13 September 2010

sukses

kesuksesan adalah suatu pencapaian.
slogan salah satu iklan rokok ini memang mempunyai arti yang dalam,
disini timbul satu pertanyaan,
sukses yang bagaimana sih ?
memang kadar sukses tiap tiap orang berbeda, ada yang menganggap sukses itu diukur dengan materi yang banyak. Ada juga yang menganggap sukses itu apabila dia merasa nyaman dengan apa yang dilakukannya dan berhasil.
namun perlu dikaji lagi lebih dalam tentang esensi sebenarnya dari sukses itu sendiri.
menurut pengertian saya pribadi sukses itu adalah tercapainya target atau keinginan yang kita miliki secara benar. mengapa saya bilang benar, karena mungkin kita pun tahu bahwa banyak orang yang mencapai sukses dengan cara cara yang tidak benar (ilegal).
maka benar lah apa kata slogan salah satu iklan rokok tadi, sukses adalah tentang pencapaian. tidak peduli apakah target kita itu kecil ataupun besar, dengan mencapainya itu bisa dibilang kita sudah sukses.
masalahnya disini adalah masih ada orang yang belum mengerti esensi dari sukses itu sendiri, paradigma mereka masih terpaku pada materi yang memang merupakan salah satu kadar kesuksesan.
paradigma turunan dari para orang tua mereka yang notabene hidup di zaman yang mengharuskan kepemilikan materi, karena disamping keturunan mereka yang banyak, pada saat itu pun tengah maraknya krisis moneter.
seiring dengan perkembangan zaman, sukses mengalami pergeseran makna. dari yang sebenarnya sangat sederhana, kini menjadi semakin kompleks.
yah, sekarang hanya bisa kembali kepada diri masing masing, bagaimana caranya kita menanggapi sukses itu.
yang bisa saya katakan adalah jangan sampai terlena dengan kesuksesan, karena hanya akan merubah fitrah kita sebagai manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar